Mari Bersama Lawan Covid-19

Virus corona adalah upsss…… sepertinya semua artikel dan berita sudah menjelaskannya dengan “baik dan benar”. virus yang memiliki nama lengkap Severe Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau supaya lebih akrab kita panggil saja covid-19, virus ini tiba-tiba menjadi tokoh utama di akhir tahun 2019. singkatnya virus ini adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Untuk penjelasan lebih detail dan jelas bisa klik disini.

Kasus pertama covid-19 di Indonesia baru terdengar pada senin (2/3/2020), dimana Presiden Indonesia Joko Widodo sendiri yang mengumumkannya. Setelah itu pemerintah mulai melakukan upaya-upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 ini. Dimulai dari social distancing, phsycal distancing, WFH (Work From Home), Learn From Home, karantina wilayah, dan bahkan lockdown parsial.

Apakah ini berhasil diterapkan di Indonesia?
Menurut saya, pada awalnya hal ini tidak berjalan dengan baik, masih banyak orang yang berkumpul dicafe, mall, dan beberapa fasilitas umum seperti salah satunya adalah taman. Ini diakibatkan karena kurangnya kesadaran sebagian masyarakat akan bahaya dari covid-19. Terlebih kurangnya sosialisasi pemerintah terhadap masyarakat.

Hingga akhirnya pemerintah mulai mensosialisasikannya, diawali dengan apa itu covid-19, bagaimana gejalanya, siapa saja yang bisa tertular, sampai cara hidup sehat agar terhindar dari virus ini. Selain itu, para generasi muda yang memiliki massa di media sosial ikut serta menyampaikan tentang bahaya dari covid-19.

Yang saya rasakan satu minggu pertama jalanan masih padat, para pedagang kaki lima masih beraktivitas seperti biasa, halte bus pun masih ramai, toko dan mall pun masih buka. Hingga dampaknya baru terasa setelah 2 minggu setelah kasus pertama covid-19 diumumkan. Berikut beberapa potret yang saya abadikan.

Potret halte bus kota pada saat jam pulang kerja
Potret stasiun kereta pada saat jam pulang kerja
Potret bus kota yang sudah mulai sepi penumpang
Potret jalan sudirman

Saya yakin semua kalangan masyarakat sudah mengetahui perihal covid-19 ini. Saya hanya ingin menyampaikan “Dokter adalah garda terdepan untuk menyembuhkan para pasien yang sudah terjangkit virus ini. Dan diri kita sendiri berada di garda terdepan untuk memerangi virus ini. Jadi, untuk saat ini mari kita turunkan ego kita, taati peraturan pemerintah, jaga kebersihan, jaga jarak dan jaga hati. Demi kebaikan kita semua!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s